Map Posting Blog Site / Daftar Isi Artikel

Page 1, Page 2, Page 3








Jumat, 04 November 2011

.::: Fakta Dan Unik Tentang Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 :::.

Facts And Unique About Indonesia's Independence Day August 17, 1945
Bicara soal Hari Kemerdekaan, sepertinya enggak ada habis-habisnya ya? Pasalnya banyak banget yang bisa dilihat atau dipetik dari kemerdekaan. Hal-hal seru pun bisa terjadi pada event yang cuma satu kali dalam setahun ini.

Hal yang bikin Hari Kemerdekaan itu asyik adalah merayakannya dengan ikut acara sederhana seperti mengikuti lomba antarkomplek, antarfakultas bahkan antaruniversitas. Atau dengan mengikuti diskusi-diskusi seputar makna kemerdekaan dan sebagainya.

Tapi sebenarnya, apa yang kamu ketahui tentang Hari Kemerdekaan? pastinya fakta-fakta dasar yang pernah kamu pelajari di sekolah dulu kan? Nah, kalau fakta unik seputar kemerdekaan yang satu ini mungkin kamu belum banyak yang tahu ya.
Apa saja sih fakta uniknya? Intip kilasannya yang dikutip dari blog pribadi seorang penulis yang disitat Blog Krez-Krez, oleh Roy Tanck and Amanda Fazani, dan wikipedia Rabu (17/8/2011) di bawah ini:

1. Yang terjadi pada 17 Agustus 1945

Bapak proklamator kita Soekarno atau yang akrab dipanggil dengan Bung Karno bersama para sahabatnya, telah menyusun konsep proklamasi. Baung Karno bersiap-siap untuk memproklamasikan kemerdekaan pada pukul 10.00 WIB.
2. Teks Proklamasi

Naskah proklamasi yang ditulis tangan oleh Bung karno dan didiktekan oleh Bung Hatta, ternyata tidak pernah dimiliki dan disimpan oleh pemerintah! Anehnya, naskah sarat nilai historis tersebut justru disimpan dengan baik oleh wartawan BM Diah. Diah menemukan draft proklamasi itu dikeranjang sampah di rumah Laksamana Maeda pada 17 Agustus 1945 dini hari, setelah sebelumnya disalin dan diketik oleh Sajuti Melik. Kemudian pada 29 Mei 1992, Diah menyerahkan draft tersebut kepada Presiden Soeharto, setelah menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan dan 19 hari.
 
Isi teks proklamasi kemerdekaan yang singkat ini adalah:

    Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

    Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
    dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

            Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
            Atas nama bangsa Indonesia.
            Soekarno/Hatta

Proklamator

Di sini ditulis tahun 05 karena ini sesuai dengan tahun Jepang yang kala itu adalah tahun 2605.

3. Dokumentasi Proklamasi

Dokumentasi saat hari kemerdekaan di dokumentasikan oleh Mendoer bersaudara. Kakak beradik tersebut merupakan seorang fotografer. Alexius Imprung Mendur yang menjabat sebagai kepala bagian fotografi di kantor berita Jepang Domei, sedangkan Frans Sumarto Mendoer adalah fotografernya.

Menurut Wikipedia, mereka berdua merupakan anggota dari enam Indonesia Press Photo Service pada 2 Oktober 1946.
4. Perdana Menteri Luar Biasa

Indonesia memiliki perdana menteri RI pertama, Sutan Sjahrir, http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_Perdana_Menteri_Indonesia dianggap luar biasa karena waktu beliau wafat di Zurich, Swiss, statusnya adalah tahanan politik, namun statusnya berubah ketika beliau dimakamkan di Jakarta sebagai Pahlawan Nasional Indonesia.
5. Kehilangan Komposer Lagu Kebangsaan
Bila tanggal 17 Agustus menjadi kelahiran Indonesia, justru pada tanggal tersebut, Indonesia kehilangan komposer lagu kebangsaan Indonesia Raya, WR Soepratman. Beliau menulis lagu kebangsaan pada 1924 di Bandung, dan mengumandangkannya secara instrumental di depan umum pada Oktober 1928, hingga akhirnya wafat pada 17 Agustus 1938 karena sakit

source http://fakta-dan-unik.blogspot.com & http://teguhtriharto.blogspot.com

Related post



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler